4 Tipe Kepribadian Dalam Mengelola Keuangan

Pengetahuan mengelola keuangan dengan benar penting untuk diketahui setiap orang. Bijak dalam mengelola keuangan akan menjadikan kondisi ekonomi keluarga lebih tertata dan akan membawa lebih banyak manfaat dalam kehidupan. Tapi tahukah Anda, bahwa tipe kepribadian seseorang sebenarnya berbanding lurus dengan cara seseorang dalam mengelola uangnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Tipe Planner (Perencana)

Kelompok kepribadian dengan tipe perencana dikenal sangat cermat. Karena kecermatannya inilah tipe perencana atau planner dianggap sangat pas dalam menjadi pengelola investasi jangka panjang. Kekuranggannya, pemilik kepribadian tipikal planner kadang kurang handal untuk investasi jangka pendek, ini karena secara alamiah memang pemikiran mereka sepenuhnya diarahkan untuk mengawasi investasi jangka panjangnya.

Tipe Players (Pemain)

Seperti nama karakternya, mereka yang punya tipe kepribadian finansial demikian memang cenderung bermain-main dengan uangnya. Orang dengan tipe kepribadian finansial demikian ada kecenderungan untuk terus menghabiskan uang, konsumtif dengan rasa tidak peduli apakah keputusan finansialnya tersebut masuk pada kategori tindakan berisiko keuangan tinggi atau tidak.

Tipe Protector (Pelindung)

Tipe kepribadian yang satu ini memang sangat berhati-hati dan benar-benar melindungi uang yang dimilikinya. Kehidupannya cenderung tidak berada dalam jalur resiko keuangan, masalah masa depan sudah dipersiapkan dengan matang, umumnya dengan memanfaatkan atau menyiapkan dana pensiun dari pekerjaan.

Sisi negatif dari karakter semacam ini adalah karena sangat “lurus” dalam menjalani hidup, ada kalanya sisi investasi tidak tersentuh, padahal bisa jadi menguntungkan secara finansial.

Tipe Pleaser (Penggembira)

Siapa yang pernah punya pengalaman berteman dengan orang yang sangat royal dalam membelanjakan uangnya. Sering mentraktir teman-temannya atau biasa dikenal dengan istilah sosialita? Bila dalam pergaulan kita bertemu orang yang semacam ini bisa jadi mereka adalah mereka yang bertipe pleaser atau penggembira.

Secara tipikal individu bertipe kepribadian semacam ini ada kecenderungan untuk membelanjakan uangnya sebagai satu kepuasan pribadi dengan tidak memperdulikan apakah hal semacam termasuk kategori berisiko atau tidak.

Masing-masing tipe kepribadian di atas tentu saja ada sisi positif maupun negatifnya. Nantikan tips jitu untuk mengelola keuangan sesuai kepribadian di Bulletin Marwah edisi selanjutnya. Bersambung……..