Tentang Kami

SEJARAH PENDIRIAN

Pada awal dekade 1990, dunia usaha, khususnya usaha kecil dan mikro, banyak dihadapkan kendala dalam pengembangan usaha, terutama pada aspek permodalan. Pengusaha kecil dan mikro sulit mengakses modal ke bank umum, dan bank umum pun tidak menjangkau usaha kecil mikro. Sementara itu lembaga keuangan mikro seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR)  dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) masih sangat terbatas untuk melayani kebutuhan permodalan usaha kecil dan mikro. Dalam kondisi seperti itu, tumbuh subur rentenir.

Berlatar keadaan tersebut, pada tahun 1993 BINAMA lahir, diprakarsai oleh para mantan aktifis kampus dan tokoh masyarakat. Pendirian BINAMA dilandasi semangat untuk menjadi lembaga intermediasi – yang akan menjadi penghubung dana idle yang dimiliki anggota namun tidak dapat memproduktifkan dananya, untuk disalurkan melalui BINAMA kepada anggota pemilik usaha kecil dan mikro yang membutuhkan modal usaha.

Fungsi intermediasi ini dilandasi dari QS. Al Hasyr : 7

 

“ (Diatur sedemikian rupa), agar supaya harta kekayaan itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja di antara kamu.

IDENTITAS PERUSAHAAN

 

KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BINA NIAGA UTAMA (KSPPS BINAMA), adalah lembaga keuangan berbadan hukum Koperasi yang

bergerak di bidang simpan pinjam dan pembiayaan syariah, yaitu melayani anggota akan kebutuhan produk pendanaan dan pembiayaan syariah dengan mengacu pada proses pembangunan ekonomi kerakyatan.

 

Pendirian            : 18 Agustus 1993

Badan Hukum   : 1210A/BH/PAD/KWK.11/X/96 tanggal 31 Oktober 1996

Wilayah Kerja    : Jawa Tengah

Kantor Pusat      : Jl. Arteri Soekarno Hatta No. 10 E Kel. Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah

Telp / Fax          : 024 – 76602700

Email                 : bmtbinama@gmail.com

Website            : www.bmtbinama.co.id

MANFAAT YANG HENDAK DICAPAI

1) Manfaat Sosial, yaitu terciptanya solidaritas dan kerjasama antara anggota KSPPS sehingga terbentuk komunikasi ekonomi anggota yang lebih produktif.

2) Manfaat Ekonomis, yaitu

  • Terwujudnya lembaga keuangan yang bisa membiayai usaha-usaha di sektor kecil dan menengah.
  • Menumbuhkan usaha-usaha yang dapat memberi nilai lebih, sehingga meningkatkan kemampuan ekonomi umat Islam.
  • Meningkatkan kepemilikan asset ekonomi bagi masyarakat Islam.

 

SASARAN YANG HENDAK DICAPAI

a) Sasaran Financing,

Yang menjadi sasaran Financing (Pembiayaan) adalah usaha-usaha  kecil dan menengah yang berpeluang menumbuhkan lapangan pekerjaan.

Sampai dengan akhir Juni 2017 terdapat  3.612 orang pengusaha kecil meliputi segala sektor yang telah diberi pembiayaan oleh BINAMA.

 

b) Sasaran Funding

Yang menjadi sasaran Funding (penggalangan dana) adalah : anggota yang berasal dari Individu, Lembaga-lembaga Donor, BUMN, dan Instansi Pemerintah.

Tercatat jumlah anggota sampai dengan akhir Juni 2017 sebanyak 30.938 orang.