6 Sumber Pengeluaran Tak Terduga & Cara Mengatasinya

Seringkali di awal bulan, kita melakukan perencanaan pengeluaran selama sebulan untuk membantu kita agar dapat hidup hemat. Daftar tersebut di cek berulang kali hingga kita sangat yakin bahwa kita akan dapat menabung sekian besar. Tetapi ketika di akhir bulan kita meninjau kembali daftar rencana dengan pengeluaran kita sebenarnya. Dan hasilnya selalu saja pengeluarannya lebih besar dari yang direncanakan. Mengapa ini terjadi? Karena selalu ada sumber pengeluaran tak terduga setiap bulannya.

Pengeluaran tak terduga dapat berbentuk apa saja. Setiap orang memiliki bebannya masing-masing, oleh karena itu pengeluaran tak terduga tidak dapat disamakan. Namun ada beberapa hal yang umumnya menjadi sumber pengeluaran tak terduga.

  1. Sakit
  2. Barang Diskon
  3. Pulsa Telepon Seluler
  4. Traktiran
  5. Hobi
  6. Memberikan Hadiah dan Sumbangan

Sesuai dengan namanya, pengeluaran tak terduga memang datang tiba-tiba. Ketika hal itu datang dan kamu tidak memiliki uang, maka hidup kamu akan menjadi sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 

 

2 Cara untuk mengatasi pengeluaran tak terduga

1.) Miliki Dana Siap Siaga

Sisihkan sebagian dari uang kamu untuk dana siap siaga. Dana ini berguna untuk menjaga kita dari kehabisan uang ketika hal-hal diatas terjadi. Selain itu, dengan memiliki dana siap siaga, kita akan selalu merasa aman dengan hidup kita karena kita tahu bahwa selalu ada uang yang dapat dipakai saat dibutuhkan.

Dana Siap Siaga bisa disimpan dalam bentuk tabungan di Koperasi, karena selain mudah diambil sewaktu-waktu, juga memiliki keuntungan biaya administrasi yang sangat minimum namun mendapatkan bagi hasil yang cukup kompetitif, bahkan beberapa Koperasi menawarkan layanan Pick Up Servis, sehingga kamu tidak perlu ke kantornya, cukup menghubungi petugas dan dana kamu akan diantarkan.

2.) Hati-hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kecenderungan orang menjadi boros ketika berbelanja dengan kartu kredit. Hal ini karena kamu tidak menyadari berapa uang yang sebenarnya kamu miliki dan berapa banyak yang mampu kamu bayarkan. Itulah keburukan dari kartu kredit. Namun, bukan berarti kamu tidak usah menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit akan menguntungkan jika kamu bijak dalam menggunakannya. Dengan menggunakan kartu kredit, uang tunai yang kamu siap pakai lebih banyak. Jadi, kuncinya adalah bersikap bijak dalam memakai kartu kredit.

Selalu waspadai sumber-sumber pengeluaran tak terduga, karena tanpa disadari, itu dapat menggerogoti uang kamu. Jadi, ingat dan lakukan tips untuk menanggulanginya agar semua masalah menjadi lebih mudah untuk dilalui. Seperti pepatah, “Sedia payung sebelum hujan.”